Manfaat Sistem Informasi untuk Restoran

0 Comments


Pentingkah informasi untuk kebutuhan manusia? Ya, tentu sangat penting. Informasi dapat diibaratkan sebagai darah yang mengalir di dalam tubuh manusia. Seperti halnya informasi di dalam sebuah perusahaan. Oleh sebab itu, maka diperlukan sistem sebagai pendukung di dalam perusahaan besar maupun kecil. Apabila sebuah perusahaan tidak mempunyai sistem informasi, maka perusahaan tidak mampu mengontrol sumber daya yang ada, sehingga dapat mengganggu dalam mengambil keputusan-keputusan.

Pengertian Sistem Informasi menurut Para Ahli :
John F. Nash : Pengertian sistem informasi menurut John F. Nash adalah kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang bermaksud menata jaringan komunikasi yang penting, proses atau transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar pengambilan keputusan yang tepat.
Henry Lucas : Pengertian sistem informasi menurut Henry Lucas adalah suatu kegiatan dari prosedur-prosedur yang diorganisasikan, apabila dieksekusi akan menyediakan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan pengendalian di dalam.
Alter : Pengertian sistem informasi menurut Alter bahwa sistem informasi adalah sebagai  tipe khusus dari sistem kerja dimana manusia dan/mesin melakukan pekerjaan dengan menggunakan sumber daya untuk memproduksi produk tertentu dan/jasa bagi pelanggan. 

Misalnya, sistem informasi dalam suatu restoran. Sistem Informasi memiliki berbagai manfaat untuk membantu dalam proses penjualan hingga proses pembayaran. Berikut manfaat sistem informasi didalam suatu restoran, antara lain :
1.      Dapat berkomunikasi yang baik terhadap masing-masing karyawan menggunakan aplikasi chat online.
2.      Dapat memesan menu melalui aplikasi yang sudah disediakan di meja masing-masing, sehingga memungkinkan untuk mempermudah pekerjaan karyawan.
3.      Dapat memesan melalui aplikasi online, sehingga dapat mempermudah costumer yang ingin membeli.
4.      Dapat membayar pesanan menggunakan ATM, sehingga jika ada customer yang tidak membawa uang cash, mereka dapat membayar menggunakan ATM.
5.      Dapat mempermudah pekerjaan kasir, karena uang dapat tertata rapi.
6.      Dapat memaksimalkan para karyawan dalam bekerja,  sehingga dapat mempertahankan kualitas pelayanan.
7.      Dapat memperluas pemasaran, serta mempertahankan kualitas cita rasa karena adanya testimoni atau sebagainya.
8.      Data yang tersimpan akan lebih tertata rapi oleh sistem, dan juga data tidak dapat diakses oleh sembarang orang karena data tersebut merupakan privacy dari sebuah restoran.
9.       


Sumber :




You may also like

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.