3D Teknologi (Virtual Reality)

0 Comments


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgA0yKkK0nTqEGi-1wgVY1zQWdYPlvrZy6U7ueBXljnVJdvw5Zxj1IS_NOBTezaF0N00h26YIX7Xz6vccGXJTJd9SyJ5cMlgpMb3hIyup5rrmSinjXjyKLU9NNX_yzer1dqC7h40P2aN_0h/s400/cd.jpghttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi2f6jlfOAyf5f70-vIbDbfR1rX2u5ooaUHFcq56TgKOgNi1Tf9wGbgGr9CjET_KYWmIUTMZonfRY5vChyphenhyphenT2B2pCvfvxQjSYDraHQXHdMRe3yo7HNiuEP4rG2_mynSymsqvM7TUKqrOBi77/s400/der.jpg
3D Teknologi
Teknologi 3D dapat ditelusuri kembali ke awal fotografi sepanjang perjalanan kembali. Pada tahun 1844, David Brewster menciptakan stereoscope. Itu adalah penemuan baru, gambar fotografi bisa mengambil dalam 3D. Kemudian Louis Jules Duboscq mengambil penemuan itu dan meningkatkannya. Louis mengambil gambar Ratu Victoria, teknologi ditingkatkan dan menunjukkan kepada pameran dunia pada tahun 1851 adalah ini sangat terkenal di seluruh dunia. kamera Steroscopic mulai menangkap dan telah banyak digunakan untuk penggunaan pribadi setelah Perang Dunia Kedua.
adalah tahun 1855 yang Kinematascope, kamera animasi stereo diciptakan. Itu mampu menciptakan film 3D. Pada tahun 1915 film anaglyph pertama diproduksi. Teknologi anaglyph kacamata 3D digunakan dengan dua lensa warna yang berbeda yang akan mengarahkan gambar untuk setiap mata. Pada tahun 1890, William Friese-Greene, pelopor film Inggris, mengajukan paten untuk proses film 3D. Pada tahun 1922 film 3D publik pertama, "The Power of Love" itu ditampilkan. Pada tahun 1935 film warna 3D pertama diproduksi. Penggunaan teknologi akan tetap aktif selama lebih dari satu dekade.
kembali pada 1950-an, membuat teknologi 3D. Selama ini, TV telah menjadi sangat populer dan telah mulai muncul di banyak rumah tangga. Tahun 50-an, sejumlah film 3D yang diproduksi. Pada tahun 1952, "Bwana Iblis" oleh United Artists ditunjukkan di Amerika Serikat. Ini adalah film 3D pertama dari 50-an. Film ini dibuat dengan menggunakan proses yang disebut visi Alam. Proses ini berkemah di studio Hollywood, tetapi mereka semua lulus. Setahun kemudian, pada 1953, "House of Wax" dirilis dalam 3D. "Dial M for Murder" awalnya dijadwalkan akan dirilis dalam 3D, tapi Alfred Hitchcock memutuskan film untuk memecahkan di 2D untuk memaksimalkan keuntungan. Tidak semua bioskop yang dilengkapi dengan teknologi 3D. Film 3D juga telah dikembangkan di luar Amerika Serikat. Pada tahun 1947, Uni Soviet merilis film pertama mereka panjang penuh 3D, "Robinson Crusoe".
Pada tahun 1960, visi ruang teknologi baru diterbitkan disebut 3D. Teknologi ini memiliki dua gambar dan dicetak pada satu sama lain pada satu strip. Berbeda dengan teknologi 3D sebelumnya, hanya membutuhkan satu proyektor dengan lensa khusus. Teknologi baru ini menghilangkan kebutuhan untuk dua kamera yang digunakan untuk melihat film 3D. Dua sistem kamera yang sulit untuk digunakan, karena membutuhkan dua kamera yang sempurna disinkronisasi. Film pertama adalah menggunakan teknologi ini "The Bubble". Film ini menyorot oleh kritikus, tapi pengalaman 3D membawa audiens yang besar. Itu membuat film menguntungkan, teknologi baru yang siap untuk promosi ke studio lain.
Pada tahun 1970 Allan Silliphant dan Chris Condon dikembangkan visi stereo. Ini adalah teknologi 3D baru, dikompresi menempatkan dua gambar sisi dengan sisi pada satu strip film 35 mm. Teknologi ini menggunakan lensa anamorphic khusus yang akan meningkatkan citra dengan serangkaian Polaroid filter. Film pertama dalam visi stereo yang akan dirilis komedi seks softcore disebut "The Pramugari". Biaya Film USD untuk membuat hanya $ 100.000, dan meraih menakjubkan $ 27 juta pada Amerika Utara.
Pada awal 1980-an, banyak film yang dirilis dalam 3D Vision dengan prosedur yang sama seperti Space. Beberapa film yang dirilis adalah Amityville 3-D, Jumat Bagian 13 III dan Jaws 3-D. Pada pertengahan 1980-an, film dokumenter IMAX mulai diproduksi dalam 3D. IMAX teknologi 3D menekankan kebenaran mathmatical dan ini menghilangkan kelelahan mata, yang bisa dilihat dalam teknologi 3D sebelumnya. Pada tahun 1986, Kanada telah mengembangkan film 3D pertama, yang menggunakan kacamata terpolarisasi. Itu "Echoes of the Sun" dan banyak film diciptakan untuk Expo 86.
Pada 1990-an, yang diterbitkan di IMAX 3D. Film IMAX 3D paling sukses dirilis selama ini, "Ke Deep". Film pertama IMAX 3D fiksi, "Wings of Courage" adalah pada tahun 1996
Pada tahun 2000-an, banyak film studio besar yang dirilis dalam 3D dirilis. Pada tahun 2003 diterbitkan James Cameron Ghosts of the Abyss. Ini adalah panjang penuh film IMAX 3D pertama. Film ini digunakan untuk teknologi terbaru IMAX 3D disebut Reality Camera System. Teknologi kamera video HD terbaru yang digunakan dan dikembangkan oleh Vince Pace. "Game over Spy Kids 3D", "Aliens dari Deep" dan "The Adventures of Sharkboy dan Lavagirl dalam 3-D" Teknologi yang sama digunakan. Pada tahun 2004, film full-length animasi 3D pertama dirilis. Itu disebut "The Polar Express". Film ini sangat sukses di 3D, ia akan meminta banyak kepentingan dalam film animasi 3D. Versi 3D dari film tersebut meraup 14x lebih banyak per layar sebagai versi 2D. Pada tahun 2005, Cina 6 Theatre di Hollywood manusia memiliki bioskop komersial pertama dari teknologi 3D digital harus memiliki. Pada tahun 2007, internasional Scar 3D dirilis dan itu film pertamanya untuk alur kerja sepenuhnya digital difilmkan.
Pada tahun 2010 Sky Inggris memiliki dorongan besar terhadap televisi 3D. Pada 1 Januari, saluran 3D pertama dimulai di Korea Selatan mengirimkan. Saluran ini menunjukkan menunjukkan pendidikan, pertunjukan animasi, acara olahraga, dokumenter dan pertunjukan musik semua dalam 3D, 24 jam sehari, 7 hari seminggu.
harus kita harapkan bahwa penggunaan teknologi 3D akan melanjutkan dan memperluas dalam rumah tangga. Sebagian besar produsen elektronik besar berencana merilis lini televisi 3D mereka. Sebagai usia teknologi, tingkat diharapkan lebih dalam dan untuk pergi lebih dalam, dan karena harga jatuh, semakin banyak orang akan membeli TV 3D.

Virtual Reality
Virtual reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi. Lingkungan realitas maya terkini umumnya menyajikan pengalaman visual, yang ditampilkan pada sebuah layar komputer atau melalui sebuah penampil stereokopik, tetapi beberapa simulasi mengikutsertakan tambahan informasi hasil pengindraan, seperti suara melalui speaker atau headphone.

Manfaat Virtual Reality :

1. Bidang Media dan Hiburan (Game, Simulasi Lingkungan)

Fungsi dan kegunaan pertama dari Virtual Reality adalah untuk keperluan di bidang media dan hiburan. Bagi Anda pecinta games tentu saja pengalaman bermain #game yang semakin nyata akan menjadi idaman. Nah dengan adanya perangkat VR ini maka para gamers bisa mendapatkan pengalaman bermain games yang semakin nyata. Dengan adanya perangkat VR ini Anda akan merasakan sensasi yang berbeda dengan realita yang benar-benar hidup, tentunya tergantung jenis atau genre game yang dimainkan.

2. Bidang Medis dan Kedokteran (Anatomi Tubuh Manusia)

Tidak hanya di bidang media dan hiburan, perangkat VR ini ternyata juga bermanfaat pada bidang medis dan kedokteran. Dengan adanya perangkat ini dokter akan mampu untuk mendeskripsikan bagian anatomi tubuh (simulasi anatomi tubuh manusia). Dari sini organ-organ dalam tubuh akan mampu terlihat lebih nyata.
Dengan diketahuinya kondisi organ-organ tubuh dalam dengan lebih jelas maka para dokter dan ahli bedah pun akan mampu memutuskan dengan lebih tepat keputusan untuk melakukan pembedahan atau tidak. Selain manfaat tadi, VR juga bisa bermanfaat bagi dokter untuk melihat perkembangan sebuah penyakit, mendiagnosa sebuah penyakit dan teknik perawatan pasien yang lebih tepat.

3. Bidang Militer (Perang)

Dalam bidang militer, penggunaan Virtual Reality ini akan mampu membantu para tentara untuk sebuah simulasi perang. Seperti layaknya bermain game Point Blank, para tentara akan mendapatkan pengalaman perang yang lebih nyata dan jelas.
VR yang mampu menghadirkan tampilan digital lebih nyata untuk lingkungan medan pertempuran dan situasi peperangan yang ada akan membuat para tentara mendapatkan pengalaman yang mengagumkan dan menarik. Dengan cara ini juga akan membuat biaya latihan perang jauh menjadi lebih efisien dan lebih hemat jika dibandingkan dengan latihan perang yang sebenarnya.

4. Bidang Transportasi (Simulasi Pesawat Komersial dan Pesawat Tempur)

Latihan menerbangkan pesawat tentu saja akan membuat kita harus mengeluarkan biaya yang besar. Namun dengan adanya perangkat VR ini maka seseorang yang akan akan melakukan latihan menerbangkan pesawat tak lagi harus mengeluarkan biaya besar untuk sewa pesawat dan bahan bakarnya. Sebab dengan VR Anda bisa mendapatkan pengalaman menerbangkan pesawat yang sangat nyata dan nyaris mendekati kenyataan. Dengan penggunaan VR untuk latihan penerbangan ini Anda juga akan terhindar dari hal-hal yang mengkhawatirkan dalam penerbangan.

5. Bidang Teknik dan Otomotif (Mendesain Mobil)

Di bidang teknik dan otomotif, VR akan berguna untuk mendesain mobil. Salah satu perusahaan yang telah menggunakan teknologi VR dalam pengembangan mobilnya yaitu Ford. Untuk mengevaluasi bagian luar dan dalam dari mobil-mobil yang belum dibuat ini para desainer mobil Ford ini menggunakan headset jenis Oculus Rift.
Ketika menggunakan headset itu para desainer akan dapat memperhatikan detil dari mobil. Sementara itu kamera-kamera akan mengikuti gerakan para desainer dan berkoordinasi dengan perangkat lunak untuk mencocokkan presentasi digital dengan gerakan desainer.

6. Bidang Ekonomi (Promosi Barang Pajangan/Display)

Terakhir, kegunaan dan manfaat dari VR adalah untuk mempromosikan barang display atau pajangan. Salah satu toko yang telah menerapkan cara ini adalah toko Selfridges di jalan Oxford, London. Dengan VR yang dimilikinya, pengunjung yang datang bisa mencoba beberapa produk yang dijual oleh toko dengan lebih nyata.
Seperti produk jam tangan virtual 3D yang bisa dicoba dengan berdiri di depan layar. Saat itu kamera akan merekam penampilan dan gerakan calon pembeli. Calon pembeli pun bisa memilih dan mencoba dan merasakan sensasi menggunakan jam tangan virtual yang dijual.


Sumber :
https://www.maxmanroe.com/inilah-6-bidang-kegunaan-dari-penggunaan-perangkat-virtual-reality-vr.html


You may also like

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.